Jumat, 15 April 2011

BUAT APA MAKAN

sore itu sopir truk memarkir truknya di pinggir selokan tempat biasa mencuci kendaraannya. "ayo ambil embernya, kita cuci bersama." perintah sang sopir pada keneknya. "ah buat apa dicuci terus ndan, lagian besok juga kotor lagi" jawab kenek penuh malas. Dasar kenek tidak tau rasa syukur, sudah untung boleh ikut mengais rizki bersama sang sopir malah kerjanya males. Sang sopir hanya tersenyum tipis dan tetap melanjutkan rencananya untuk menyuci truknya. "ya sudah ga apa-apa, biar aku cuci sendiri" jawab sang sopir dengan sabar. Dan benar, tanpa rasa dosa, sang kenek melangkah menjauhi truk yang sedang dicuci. Ia duduk bermain hp sambil menghisap sebatang djarum. Mantap juga ni kenek. Sedangkan sang sopir berlumur keringat mencuci.

Sesaat setelah selesai mencuci (cara jawane ya guyanglah) sang sopir merasa lapar, dan memamng sudah saatnya untuk makan sore, tanpa kompromi sang sopir menggencet truknya ke warung makan. Setelah memarkir truknya, sopir bertanya pada kenek, "kau lapar?". "ya iya lah, aku cuma sarapan ga sempat makan siang, tadi cuma nenggak segelas kopi" jawab kenek seketika. Sopir hanya tersenyum mendengar jawaban keneknya. Sembari turun dari truk sopir berkata dengan nada meledek, "buat apa kau makan, besok juga pasti lapar lagi". Si kenek terperangah mendengar sopirnya, ia sadar bahwa itu merupakan sindiran buatnya, dengan penuh rasa malu, si kenek mengikuti sopir masuk ke warung dan duduk di sebelahnya (tak tau malu juga nih kenek).


..................................


Begitu juga manusia, keadaan jiwa, keimanan, semangat manusia fluktuatif. Sesaat setelah mengikuti pencerahan, kajian, renungan, kala sakit, jiwa kita akan bersih, semangat kita akan membara, iman kita akan kuat.
Tapi setelah selang waktu berganti, di kala sedang di dera permasalahan, jiwa kita gersang, semangat down, iman lemah, kita harus segera meng up grade nya. Kita harus segera membulatkan tekad, memupuk iman, menumbuhkan motivasi diri, dan tentunya kita harus segera mencari tempat yang bertuliskan,

"SEGARKAN JIWA ANDA DI SINI"


"PANASI SEMANGAT ANDA DI SINI"


"PAKU BUMI IMAN ANDA DI SINI"

semoga kita dapat menemukan tempat tersebut dengan mudahnya....


Salam

Tidak ada komentar: